Maghrib Mengaji dan Penguatan Moderasi Beragama di Masjid Nurul Islam Desa Pekajang

Diposting oleh Zaid, ST 16 Nov 2022, 09:36:14 WIB Pendis
Maghrib Mengaji dan  Penguatan Moderasi Beragama di Masjid Nurul Islam  Desa Pekajang

Kepala KUA Kecamatan Lingga melakukan kunjungan keagamaan ke Desa Pekajang Kecamatan Lingga, Selasa - Rabu, 15 - 16 November 2022. Desa Pekajang terletak di  bagian paling selatan Kabupaten Lingga. Desa ini merupakan daerah terluar Provinsi Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bangka Belitung.
                                           
Memerlukan waktu lebih kurang 12 jam dari pusat ibukota Kabupaten Lingga untuk bisa sampai ke desa ini dengan kapal motor pompong. Saat ini, alhamdulillah  sudah dilayari kapal tol laut  Sabuk Nusantara setiap dua minggu sekali sehingga memangkas jarak tempuh menjadi sembilan jam.    

Adapun tujuan kedatangan Kepala KUA ke desa ini adalah memberikan pelayanan akad nikah sekaligus melakukan koordinasi lintas sektoral dengan pemerintah Desa dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Pekajang.                                

Diharapkan dengan kunjungan ini diperoleh informasi guna meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan yg semakin baik. Tentu tidak hanya di perkotaan, tapi sampai ke pelosok-pelosok  pulau dan kampung. Diantaranya, sosialisasi upaya cegah nikah siri dan kawin anak,pencegahan stunting serta penguatan moderasi beragama. 

"Alhamdulillah sesudah memberikan pelayanan kepada masyarakat paling utara Kabupaten Lingga di Katang Bidare beberapa tahun yang lalu, kali ini Allah sampaikan saya ke pulau paling selatan Kabupaten Lingga tepatnya Pulau Pekajang. Melalui kegiatan yang kecil ini menjadi catatan amal kami sebagai ASN Kementerian Agama, ikhlas beramal melayani umat,"tutur Muhammad Latif Penghulu Muda dengan tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kecamatan Lingga yang  pernah bertugas sebagai Kepala KUA Kecamatan Senayang.                 

Azmi Jailani selaku Kepala Desa Pekajang merasa bersyukur atas pelayanan yang diberikan Kementerian Agama. "Alhamdulillah, kami merasa terharu atas kedatangan pak KUA ke kampung kami yang sangat jauh dari kota. Tentu  banyak informasi dan motivasi yang kami peroleh dari pak KUA, terutama untuk masyarakat kami. Lain waktu, semoga ada kesempatan lagi nanti dapat berkunjung kembali,"harap Azmi.                          
Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara maghrib mengaji di masjid  Nurul Islam Pekajang sekaligus penyampaian materi moderasi beragama. (ltf/armn/zaid)