Program Lanjutan Bina Pesantren di Lingga

Diposting oleh Zaid, ST 09 Okt 2021, 15:17:53 WIB Pendis
Program Lanjutan Bina Pesantren di Lingga

Keterangan Gambar : Kepala Kemenag Lingga H M Nasir,S.Ag,MH


Kepala Kemenag Lingga bersama DWP kunjungi Pesantren Baitul Mukhlasin Desa Musai. Kunjungan kali ini dalam rangka kelanjutan program pembinaan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lingga. 

Terkait pembangunan pesantren di Tanah Air, Presiden telah meneken Peraturan Presiden No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren pada 2 September 2021. Terbitnya Perpres ini adalah momentum besar bagi dunia pesantren. Artinya, Pemerintah memiliki komitmen dan perhatian besar dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan pesantren.

Hal ini disampaikannya di hadapan para santri dan pengasuh pondok. "Niat untuk berkunjung sudah lama, tapi baru bisa terwujud sekarang. Ini semua adalah anugerah dari Allah SWT sehingga kita dipertemukan di tempat yang sangat mulia," kata H Muhammad Nasir,S.Ag,MH.

Ia menambahkan bahwa dengan terbitnya Perpres ini, pemerintah daerah juga bisa mengalokasikan anggaran untuk membantu pesantren, pada fungsi pendidikan, dakwah, maupun pemberdayaan masyarakat.

"Dalam waktu dekat kita akan memperingati Hari Santri. Terbitnya Perpres ini sekaligus menjadi kado jelang peringatan Hari Santri 22 Oktober 2021. Untuk tingkat Kabupaten Lingga akan kita pusatkan di Dabo. Untuk pesantren di luar Dabo, kita laksanakan di pesantren masing-masing. Hal ini dengan pertimbangan suasana covid-19," tambahnya.

"Sekaligus nanti akan kita pilih lagi tokoh penggerak santri 2021. Tujuannya untuk memberikan apresiasi atas kerja keras selama ini, yakni menghidupkan pesantren di Bunda Tanah Melayu," tandasnya.