Ini Alasan Catin Wajib Ikut Bimbingan Perkawinan

Diposting oleh Zaid, ST 10 Nov 2021, 15:14:14 WIB Bimas Islam
Ini Alasan Catin Wajib Ikut Bimbingan Perkawinan

Keterangan Gambar : Bimwin di KUA Senayang


Calon pengantin dan pemuda pemudi usia nikah perlu mengikuti bimbingan perkawinan. Hal ini dilakukan agar setiap calon pengantin siap menghadapi perkawinan, baik secara jasmani maupun rohani.

"Sebelum mereka melanjutkan kejenjang pernikahan, mereka akan dibina untuk siap jadi bapak, dan siap jadi ibu. Materi yang disampaikan akan bermanfaat untuk mereka menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah," kata Kasi Bimas Islam Kemenag Kab. Lingga, Selasa (09/11/2021).

Bimbingan  pra nikah penting, agar pasangan calon pengantin benar-benar bisa memahami dan mengetahui peran tanggungjawab masing-masing  dalam membangun rumah tangga.

Membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah merupakan cita cita Setiap pasangan. Namun demikian kehidupan berumah tangga pasti penuh dinamika. Sebagaimana ucapan kasi bimas islam. 

"Membangun rumah tangga akan banyak dinamika, sehingga hal itu harus dipahami oleh pasangan calon pengantin sebelum kejenjang pernikahan,"katanya lagi. 

Bimbingan perkawinan dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang keluarga dan agar bisa menekan angka percerain. 

"Dengan adanya binwin ini diharapkan dapat membantu permasalahan utamanya perceraian. Mengingat selama pandemi yang cenderung meningkat," ujar H Abdurrahman. 

Kemenag, KP2À dan Dinas Kesehatan  juga mengedukasi peserta tentang pencegahan perkawinan anak, penurunan stunting, sosialisasi pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja.(apr)