Kua Lingga Timur Menyapa Umat

Diposting oleh Zaid, ST 08 Nov 2021, 08:03:15 WIB Bimas Islam
Kua Lingga Timur Menyapa Umat

(Berita Lingga)---KUA Kecamatan Lingga Timur bersama Penyuluh Agama Islam dan Pengurus PMKL menyapa umat melalui kegiatan Jum’at Keliling. Muhammad Amin, S.HI menyampaikan kegiatan menyapa umat ini dikemas dalam bentuk Jum’at keliling dari Masjid ke Masjid setiap desa yang ada di Kecamatan Lingga Timur. Jumat kali ini KUA Lingga Timur menyapa umat di Masjid Al-Iklhas Dusun II Dungun Desa Belungkur.

Dalam khutbahnya, Amin menyampaikan ada lima golongan yang dikhawatirkan su’ul khatimah mengutip dari seorang ulama yang bernama Allamah Sayyid Abdullah Bin Alawi Al-Hadad dalam kitabnya berjudul Sabiilul Iddiikar Wal I’tibaar Bimaa Yamurru Bil Insaan Wa Yanqadli menjelaskan tentang lima golongan orang yang dikhawatirkan meninggal dunia dalam keadaan su’ul khatimah.  "Diantaranya, golongan pertama orang-orang yang suka melalaikan shalat, golongan kedua mereka yang suka mengkonsumsi minuman keras, golongan ketiga mereka yang durhaka kepada kedua orang tuanya, golongan keempat mereka yang suka menyusahkan (menzalimi) sesama muslim, golongan kelima mereka yang terus menerus melakukan perbuatan dosa,"terangnya.

Kemudian dilanjutkan dengan salat Jum’at berjamaah, imam dipimpin oleh Arrisyah, S.Pd., M.Pd, beliau juga pengurus PMKL dan mengajar sebagai guru PAI di SMPN I Lingga Timur dan SMAN I Kecamatan Linga Timur.  

Selanjutnya, Amin menyapa jamaah setelah salat Jum’at dengan mendengarkan secara langsung dari jamaah dan sekaligus mendengarkan persoalan-persoalan keumatan. "Kita carikan solusinya. Kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan program-program dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Lingga Timur dan program-program dari Persatuan Muballigh Kabupaten Lingga diantaranya program pendataan tanah wakaf, gerakan didikan subuh bagi guru-guru TPQ. Tentu dengan harapan guru-guru TPQ bisa mendukung dan melaksanakan program ini,"ucapnya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Masjid Al-Ikhlas Dusun II Dungun, Cham Hidayat, S.Pd.SD,  menyampaikan terima kasih kepada Kantor Urusan Agama Kecamatan Lingga Timur, Penyuluh Agama Islam dan Pengurus PMKL yang telah berkunjung langsung ke Desa Belungkur. "Tentu dengan kehadiran ini memberikan sugesti atau motivasi buat jamaah untuk terus berbenah dan introspeksi diri dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Terkhusus buat generasi muda karena begitu banyak pengaruh negatif dengan perkembangan kemajuan teknologi saat ini,"terangnya

Melalui sambungan via telepon kepala Desa Belungkur, Arif mengapresiasi dan berterima kasih kepada KUA Kecamatan Lingga Timur, Penyuluh Agama dan Pengurus PMKL yang menyapa manyarakatnya di Desa Belungkur dengan kegiatan Jum’at Keliling. "Mudah-mudahan kampong kami semakin berkah dan dan mendapat rahmat Allah sehingga Desa Belungkur kedepannya semakin maju dan berkembang  menjadi desa yang Religius,"tutupnya.(amn)