Pusaka Sakinah Singkep Gelar Pembinaan Manajemen Sukses Nikah

Diposting oleh Zaid, ST 10 Nov 2021, 14:47:29 WIB Bimas Islam
Pusaka Sakinah Singkep Gelar Pembinaan Manajemen Sukses Nikah

Keterangan Gambar : Suasana Pembinaan


Kua Singkep - Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah menggelar pembinaan Belajar Rahasia Nikah di Aula Serbaguna Desa Tanjung Harapan Kecamatan Singkep, Kamis (10/11/2021).

Tujuan kegiatan ini memberikan pembinaan dan wawasan tentang manajemen pengelolaan keuangan keluarga menuju ketahananan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Singkep dalam kesempatan ini diwakili oleh staf bagianPengolah Data KUA Kecamatan Singkep Dahlia, S.Ag menyampaikan, rasa syukur bahwa kegiatan pembinaan keluarga ini bisa terselenggara dengan sukses berkat antusias yang luar biasa Kepala Desa Tanjung Harapan Irwansyah beserta perangkat desa.

“Kami merasa bersyukur bahwa kegiatan pembinaan keluarga sakinah ini bisa terselenggara dengan baik. Rangkaian kegiatan Pusaka Sakinah memang harus segera terselenggara mengingat sudah akhir tahun, sehingga juga bisa memberikan manfaat kepada para Pasangan suami-istri (Pasutri) untuk memperkuat rumah tangganya khususnya dalam hal pengelolaan keuangan,” jelasnya.

Penyuluh Agama Islam sekaligus fasilitator M. Najib, S.Pd.I memaparkan, tentang bagaimana menyusun rencana keuangan keluarga.

Dia menjelaskan, tentang prinsip-prinsip perencanaan keuangan keluarga serta pedoman bahwa titik awal langkah perencanaan keluarga adalah memahami anggaran sesuai kondisi keluarga di mana antara satu pasutri dengan pasutri yang lain memiliki penghasilan yang berbeda dan nanti dalam pembelanjaannya juga berbeda.

“Titik awal langkah perencanaan keluarga adalah memahami anggaran sesuai kondisi keluarga di mana antara satu Pasutri dengan Pasutri yang lain memiliki pemasukan (penghasilan) yang berbeda dan nanti dalam pembelanjaannya juga berbeda,” terangnya.

Jangan, Lanjut dia, sampai terjadi lebih besar pasak daripada tiang, Kalau harta hanya dihabiskan untuk konsumsi saja, maka kita tidak bisa mempersiapkan masa depan.
Ia menegaskan, hal ini juga harus diimbangi dengan tabungan untuk akhirat.

Penyuluh Agama Islam sekaligus fasilitator kedua Ilhamuddin, S.HI menyampaikan materi tentang mengatur menejemen keuangan keluarga dan kebutuhan fisik yaitu sandang,pangan,papan, non fisik yang tujuan utamanya menjadikan keluarga Sakinah Mawaddah wa Rahmah.(anje)