Madrasah di Lingga Ikut KSMO

Diposting oleh Zaid, ST 11 Nov 2020, 21:19:32 WIB Pendis
Madrasah di Lingga Ikut KSMO

Keterangan Gambar : Peserta KSMO


(Kemenag Lingga) – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena masih musim pandemic covid 19. Direktorat Madrasah Kemenag RI menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2020 secara online sehingga disebut sebagai KSMO. Kompetisi ini diikuti lebih dari 66 ribu siswa madrasah.

“Total ada 66.778 siswa yang mendaftar KSMO 2020, terdiri atas 22.120 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 23.449 siswa Madrasah Tsanawiyah, dan 21.208 siswa Madrasah Aliyah,” terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di Jakarta, Selasa 10 November 2020.

KSMO adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kemenag. KSMO menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat. Serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual. KSMO juga memberi kesempatan kepada para siswa madrasah untuk menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa.

Menurut Umar, KSMO 2020 digelar dengan sejumlah keunggulan, meski pada masa pandemi. Pertama, dari sisi konten, KSMO mengintegrasikan antara ilmu keislaman dan sains. KSMO menuntut peserta mendapat bimbingan persiapan minimal dari lima guru, yaitu guru sains (sesuai bidangnya), Fiqih, Al-Quran Hadis, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan guru IT.

“Pendampingan pada masa persiapan harus dilakukan secara kolaboratif, karena materi KSMO mengintegrasikan antara ilmu keislaman dan sains,” kata Umar.

Kedua, soal KSMO menggunakan tiga bahasa, yaitu Indonesia, Arab, dan Inggris. Ketiganya digunakan sehingga menuntut siswa peserta kompetisi bisa menguasai semuanya.

Keunggulan ketiga, KSMO memanfaatkan teknologi digital berupa Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial untuk mengukur dan menguji integritas peserta. Menurut Umar, ada layanan kamera yang terpasang di setiap aplikasi yang nantinya digunakan peserta.

Pada Kompetisi Sains Madrasah Online ( KSMO ) Nasional tingkat Madrasah Tsanawiyah yang dilaksanakan tanggal 10 November 2020 berjalan lancar. Untuk pelajaran matematika yang dilakasanakan pada pukul 08.00 - 10.00 WIB diikuti oleh siswa MTsN Lingga bernama Niko Agus,dilanjutkan pelajaran IPA terpadu pukul 10.30 -12.30 WIB diikuti oleh siswi MTsN Lingga bernama Mustika Rani, dan pelajaran IPS terpadu pukul 13.00 - 15.00 WIB diikuti oleh siswi MTsN Lingga bernama Jeyni Amelia.

Sedangkan peserta dari MTs Aqidatunnajin, yakni Rizka Febriana (Cabang Matematika Terintegrasi), putri dari MC Kondang, Syamsuddin. Mufarrid Zikrullah Alfarisi (Cabang IPA terintegrasi), dan Nurul Septiani (Cabang IPS terintegrasi). 

Muhamad Risky (Matematika), M. Rizki Doni Sahputra (Biologi), Elfa Dzafira Putri (Fisika), Rizki(Kimia), Andi Firdaus Yohaini(Ekonomi), Ferdy Ferdiansyah(Geografi). 

Ice Fitriyanti (Matematika), Azzahra Salsabila Hamka(Biologi), Iis Anjasari(Fisika), Khusnul Khatimah(Kimia), Afifah (Ekonomi), Zalianti(Geografi).

Kepala Kemenag Lingga meminta kepada para peserta untuk mengikuti dengan serius dan ber semangat. "Semoga memperoleh hasil yang bisa membanggakan bagi Kabupaten Lingga," kata H M Nasir, S.Ag,MH. *(zaid)*