Kemenag Lingga : Semarak Hari Santri

Diposting oleh Zaid, ST 12 Okt 2021, 14:00:36 WIB Pendis
Kemenag Lingga : Semarak Hari Santri

Keterangan Gambar : Kepala Kemenag Lingga H M Nasir,S.Ag,MH sedang memimpin rapat Hari Santri


 Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lingga mengundang seluruh pengurus Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Lingga. Dalam rapat dibahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Santri yang jatuh 22 Oktober 2021 mendatang.

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 28 Tahun 2021, tentang panduan pelaksanaan peringatan Hari Santri 2021 sudah teragendakan. Upacara Bendera akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB. Adapun Upacara Bendera pada lingkup Kementerian Agama dilaksanakan secara terpusat di halaman Kementerian Agama dan disiarkan melalui kanal media sosial Kementerian Agama.

"Untuk di Lingga pelaksanaan upacara akan dipusatkan di halaman MTs Negeri Lingga. Kita laksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita hadirkan 500 santri yang ada di Singkep dan sekitarnya. Sedangkan untuk santri di luar Singkep agar melaksanakan di Pesantren masing-masing,"terang H Muhammad Nasir,S.Ag,MH,Senin(11/10), saat memimpin rapat.

Lebih lanjut, ia menyampaikan agar Peringatan Hari Santri harus dibuat lebih semarak. "Pesantren dan santri ini adalah barang baru di Bunda Tanah Melayu. Berbeda dengan di Jawa. Jadi, tugas kita semua di Lingga untuk mengenalkan budaya santri agar lebih familiar kepada masyarakat,"pesannya lagi.

"Saya meminta agar di setiap pondok membuat kegiatan seperti zikir, doa bersama, salawatan dan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Hasilnya dipublikasi dan dilaporkan ke Kementerian Agama. Ingat, selama pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan,"ingatnya lagi.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Baitul Mukhlasin Musai mengusulkan agar peringatan Hari Santri tahun depan lokasinya bergiliran. "Kami usulkan agar digilir tiap tahun lokasi puncak peringatan Hari Santri. Tujuannya agar para santri lebih bersemangat dan masyarakat sekitar bisa mengenal lebih dekat dengan kalangan santri,"pinta Dhasmaroni Jaya.

Usulan tersebut ditampung dan sudah dicatat oleh Kasi Pendidikan Islam Kemenag Lingga. "Usulan kita tampung dan terima. Untuk tahun depan Pondok Baitul Mukhlasin siap menjadi tuan rumah. Pondok Pesantren yang lain juga ikut menyetujui,"tandas H Zamroni,S.Ag.(zaid)