Percepat Penerbitan AIW, Kepala KUA Lingga Turun Lapangan

Diposting oleh Zaid, ST 20 Jan 2023, 15:33:43 WIB Bimas Islam
Percepat Penerbitan AIW, Kepala KUA Lingga Turun Lapangan

Keterangan Gambar : KUA Kecamatan Lingga


Setelah sukses menerbitkan AIW yang pertama melalui aplikasi e-AIW, kepala KUA Kecamatan Lingga, H. Muhammad Latif terus berusaha mempercepat pelayanan di bidang Wakaf, terutama dalam penerbitan AIW dalam hal kebutuhan sertifikasi tanah wakaf. Menurutnya ini merupakan bentuk action dari arahan kepala Kemenag Lingga saat rapat koordinasi Wakaf bersama para PPAIW dan Kara Wakaf pada tanggal 28 Desember 2022 yang lalu bertempat di ruang Kepala Kemenag Lingga.

Latif menjelaskan, untuk proses penerbitan AIW sekarang, tidak manual seperti sebelum-sebelumnya.
"Jadi berdasarkan Kepdirjen Bimas Islam Nomor 564 Tahun 2022, penerbitan AIW sudah menggunakan aplikasi e-AIW", terang Latif.

"Jadi nanti alurnya mulai dari pembuatan akun oleh calon Wakif, kemudian Wakif meng-entry data dirinya, tanah dan Nazhir, setelah baru divalidasi oleh PPAIW, jika sudah disetujui, maka tahap selanjutnya harus megupload foto lokasi tanah dengan menggunakan foto yang bergeotag", jelas Latif dengan panjang lebar.

Adapun terkait kehadirannya di Desa Musai (19/01/2023), mantan petugas TPHD 2015 itu menjelaskan, adalah terkait pengambilan foto geotag di lokasi tanah wakaf Tempat Pemakaman Umum (TPU) Musai.
"Karena sudah masuk tahap validasi uploading foto lokasi, meskipun tidak ada anggaran, mau tidak mau kita harus turun."paparnya dengan senyum.

"Sekali lagi ni tentunya kita ingin mempercepat proses pelayanan", tambah Latif. (arm)