Sambangi KPPAD, KUA Lingga Sinergikan Program Pendampingan dan Mediasi Keluarga

Diposting oleh Zaid, ST 25 Nov 2022, 10:47:26 WIB Kantor Urusan Agama
Sambangi KPPAD, KUA Lingga Sinergikan Program Pendampingan dan Mediasi Keluarga

Keterangan Gambar : Rapat bersama Ketua KPPAD


Setelah melaksanakan kegiatan rapat jejaring ketahanan keluarga yang ke-4 bersama kepala Kantor Kemenag, Kasi Bimas Islam, Camat, Ketua KPPAD Lingga, Ketua PKK dan ketua BKMT dan pada Rabu, 23 November 2022 lalu. Kepala KUA Kecamatan Lingga mendatangi kantor KPPAD Lingga yang terletak di jalan Engku Aman Kelang Daik (24/11/2022). Kedatangan mantan Kepala KUA Senayang itu disambut hangat oleh ketua KPPAD Lingga, E. Aprizal bersama anggota komisioner Apria Purnama Sari. Dalam pertemuan yang kurang lebih satu jam itu, Kepala KUA Kec. Lingga banyak memaparkan program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah), yang dalam salah satu sub programnya adalah Konseling, Mediasi, Pendampingan dan Konsultasi (KOMPAK).

"Dalam program Pusaka Sakinah, ada tiga kegiatan, yaitu ; Berkah (Belajar Rahasia Nikah), Kompak (Konseling, Mediasi, Pendampingan dan Konsultasi) serta Lestari (Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Indonesi),"jelas Muhammad Latif.

Ketua KPPAD Lingga, sangat menyambut baik koordinasi yang dilakukan oleh KUA Lingga tersebut. Menurutnya program ini sangat baik dan sangat dinantikan oleh pihaknya, selaku penggiat permasalahan anak dan keluarga.

"Selama ini banyak juga masyarakat yang mengadukan permasalahan, terutama dalam hal hak asuh anak pasca bercerai,"tutur aktivis perlindungan anak itu. 

"Ke depannya kita bisa bekerja sama dalam hal pendampingan, konsultasi dan mediasi,"tambah E. Aprizal.

Apria Purnama Sari juga turut menambahkan, ke depannya ia juga berharap ada kerja sama dalam hal pembinaan remaja. Menanggapi hal itu, Muhammad Latif menerangkan, bahwa di Kementerian Agama memang ada program yang serupa, yang dikenal BRUS (Pembinaan Remaja Usia Sekolah) dan BRUN (Pembinaan Remaja Usia Nikah). Tentunya kedua kegiatan tersebut akan dapat dilaksanakan tergantung dengan anggaran yang tersedia.(armain)