Kanwil Kemenag Kepri Gelar Bimtek Hisab Rukyat di Lingga

Diposting oleh Zaid, ST 21 Des 2021, 14:16:34 WIB Bimas Islam
Kanwil Kemenag Kepri Gelar Bimtek Hisab Rukyat di Lingga

Keterangan Gambar : Bimtek Hisab Rukyat di Lingga


Untuk menambah tenaga ahli hisab dan rukyat, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau melalui Bidang Bimbingan Masyarakat Islam menggelar bimbingan teknis hisab dan rukyat. Kegiatan ini digelar selama satu hari di Masjid Darul Hikmah Sawah Indah. 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lingga mengucapkan terima kasih kepada panitia karena telah memilih Kabupaten Lingga sebagai salah satu lokasi bimtek. "Tentu kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri yang memilih Lingga sebagai lokasi pembinaan. Tentu, kami bersyukur dan berbangga hati karena seluruh Penghulu/KUA dapat dibina secara langsung,"kata H Muhammad Nasir,S.Ag,MH,Selasa(21/12).

"Kami sangat merasakan betapa pentingnya tenaga ahli khususnya mengenai hisab dan rukyat. Apalagi di pulau-pulau yang menjadi wilayah kerja para Penghulu/KUA di lapangan. Tentu dengan tambahan pengetahuan baru ini akan sangat membantu tugas Penghulu/KUA di pulau,"tambahnya.

Sementara itu, Kasi Urais dan Binsyar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau mengatakan tujuan diadakan bimbingan teknis ini, pertama adalah menambah pengetahuan tentang hisab rukyat. Kedua, mengupdate ilmu tentang rukyat. Ketiga, menciptakan generasi/ tenaga ahli baru di bidang hisab rukyat.

"Kita berharap di Lingga akan terus bertambah tenaga terampil di bidang hisab rukyat. Sehingga tidak ada lagi kendala jika ada pengurus masjid/surau meminta diukur arah kiblatnya,"terang Hj.Titik Hindon,S.Ag. (zaid)