Antisipasi Pendaftar Membludak, MTs Aqidatunnajin Siapkan Formulir PPDB Online

Diposting oleh Zaid, ST 26 Apr 2021, 11:55:04 WIB Madrasah
Antisipasi Pendaftar Membludak, MTs Aqidatunnajin Siapkan Formulir PPDB Online

Keterangan Gambar : Kepala MTs Aqidatunnajin Daik


Lingga--Mengingat dalam waktu dekat akan dilakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), MTs Aqidatunnajin sebagai satu-satunya lembaga pendidikan Agama Islam setingkat Sekolah Menengah Pertama yang ada di pusat Ibu Kota Kabupaten Lingga ini sudah mempersiapkan diri, seperti dengan telah melaksanakan rapat pembentukan panitia PPDB 2021 pada Minggu pertama bulan April yang lalu.

Menurut Armain, hal ini bertujuan agar persiapan PPDB tahun ini dapat maksimal dan berjalan dengan baik. "Karena mengingat calon siswa yang masuk ke MTs Aqidatunnajin ini setiap tahun trendnya selalu meningkat, tentu perlu persiapan yang baik,"tutur kepala MTs Aqidatunnajin itu.

Armain juga menjanjikan akan menyediakan akses yang mudah untuk para orang tua yang akan mendaftarkan putra-putri ke MTs Aqidatunnajin, misalnya dirinya meminta panitia menyiapkan formulir online, dengan demikian diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para orang tua yang sibuk bekerja, karena waktunya pendaftarannya juga lebih fleksibel jika dibandingkan dengan pendaftaran secara offline.

Hal demikian juga dimaksudkan untuk mengindari kerumunan saat pandemi seperti sekarang ini. Meski demikian, menurut Armain, pihaknya juga menyediakan formulir secara offline. Saat ditanyakan kapan dimulai pendaftaran, Armain menjelaskan bahwa sesuai dengan juknis PPDB Madrasah 2021 yang telah dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama, PPDB untuk MTs Negeri dan Swasta akan dimulai awal Mei 2021 ini.

"Nantinya panitia akan menginformasikan melalui media sosial dan website sekolah, kalau untuk sebatas sosialisasi hari H pendaftarannya sudah dilakukan, hanya penerimaan saja yang belum dilakukan", jelas Armain.

Sedangkan untuk pendaftaran gelombang ke-2, MTs Aqidatunnajin akan membuka di awal Juni 2021, dengan catatan jika masih tesisa kuota. Berdasarkan penuturan dari Armain, untuk tahun ini MTs Aqidatunnajin hanya menerima sebanyak 64 siswa saja. Hal ini disesuaikan dengan ketersediaan jumlah ruang belajar dan daya tampung.

Adapun untuk persyaratan pendaftaran MTs Aqidatunnajin tahun ini adalah sebagai berikut :

1. Usia maksimal 15 tahun pada (1 Juli 2021);

2. Mengisi formulir pendaftaran;

3. Fotocopy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari SD/sederajat masing-masing 2 lembar;

4. Fotocopy AKTA Kelahiran 2 lembar;

5. Fotocopy KK Orang Tua 2 lembar;

4. FC KK Wali 2 lembar (jika ada);

5. Pas foto (warna atau hitam putih) ukuran 3x4 (2 lembar), 2x3 (2 lembar);

6. Fotocopy KIP 2 lembar (jika ada);

7. Membayar uang pembangunan sebesar Rp. 250,000,- (bisa dicicil 2 kali) ; Untuk persyaratan dari nomor 3 sampai dengan nomor 7 diserahkan saat pendaftaran ulang.