Kepala Kemenag Lingga Urus Penegerian Madrasah

Diposting oleh Zaid, ST 20 Des 2021, 06:09:58 WIB Madrasah
Kepala Kemenag Lingga Urus Penegerian Madrasah

Keterangan Gambar : Kepala Kemenag Lingga sedang berbincang dengan Kasi Kelembagaan


Jelang akhir tahun 2021, Kepala Kemenag Lingga berkesempatan berkunjung ke Jakarta. Dalam kesempatan itu, beliau gunakan untuk menjemput bola terkait status penegerian madrasah. Salah satunya adalah MA Al Barakah Singkep.

Di Kementerian Agama RI, beliau bertemu langsung dengan Kasi Kelembagaan di Dirjen Pendis. Kepala Kemenag Lingga menyampaikan beberapa hal termasuk kelengkapan berkas dan kesiapan penegerian.

"Di Kabupaten Lingga belum ada satu madrasah pun setingkat aliyah yang berstatus negeri. Semua Madrasah Aliyah swasta. Kita ingin dan sangat berharap agar ada satu yang negeri. Tentu, hal ini akan jadi kebanggaan bagi masyarakat Lingga," terangnya.

"Terkait persyaratan dan sebagainya sudah kita lengkapi. Mudah-mudahan kunjungan ini menjadi jalan pembuka dinegerikannya madrasah,"tambahnya.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan Dirjen Pendidikan Islam menyampaikan bahwa sudah ada ratusan madrasah yang mengajukan penegerian. "Memang beberapa tahun terakhir ada moratorium. Namun, kini ada peluang dibuka kembali oleh Kemen PANRB. Tentu, kita mengajukan yang sudah siap," terang Firdiansyah.

"Apa indikator kesiapannya, salah satunya adalah status tanah. Status tanahnya adalah cq.Kementerian Agama. Jadi, tanahnya milik Kementerian Agama. Ini akan menjadi prioritas usulan," terangnya lagi.

Dalam waktu dekat sebelum akhir Desember, lanjutnya, beliau akan turun bersama tim survey ke daerah. (zaid)