Giat Pranata Komputer Kemenag Lingga Sosialisasi SiEKA
Icha Maimunah CPNS Semangat Tinggi

Diposting oleh Zaid, ST 10 Mar 2020, 14:52:25 WIB Tata usaha
Giat Pranata Komputer Kemenag Lingga Sosialisasi SiEKA

Keterangan Gambar : Icha Maimunah sedang memberikan penjelasan tentang penggunaan aplikasi siEKA


(Kemenag Lingga) -- Kemajuan TI menuntut semua ASN untuk menyesuaikan diri dalam menyelesaikan laporan kinerja secara mandiri. Hadirnya aplikasi Sistem Informasi Kinerja ASN (siEKA) berbasis web tentu semakin mempermudah seorang untuk melaporkan capaian kinerja baik harian, bulanan hingga tahunan. Aplikasi siEKA memudahkan ASN untuk mengukur sejauh mana target dan capaian kerja yang sudah mereka kerjakan. 

"Aplikasi siEKA sangat bermanfaat untuk ASN. Rekam jejak yang kita kerjakan dapat terlihat dan terukur dengan jelas. Jangan hanya dicetak lalu diserahkan ke bagian kepegawaian, tetapi perlu kita arsipkan secara pribadi dalam format pdf, lalu kita simpan. Untuk media penyimpanan boleh menggunakan flasdisk, di laptop atau lebih baik di google drive. Dikhawatirkan kalau laporan harian disimpan di flasdisk bisa hilang atau rusak begitu juga di laptop. Sedangkan jika kita menyimpannya di google drive, dimana pun dan kapan pun selama terkoneksi internet laporan harian kinerja dapat kita buka. Apalagi kalau ada pemeriksaan oleh Auditor dari Irjen, maka kita tinggal download saja,"kata Icha Maimunah,S.Kom,Selasa(10/3) saat mendampingi salah seorang pegawai yang sedang konsultasi siEKA.

Menurutnya, penggunaan aplikasi siEKA sangat mudah. "Paling penting adalah kita sudah memegang SKP. SKP itu wajib karena tanpa SKP kita tidak akan bisa memasukkan kegiatan tahunan, bulanan dan harian di aplikasi. Pada SKP sudah tercantum target dan waktu yang harus terpenuhi,"jelasnya.

Kepala Kemenag Lingga menegaskan bahwa seluruh ASN wajib menyampaikan laporan kinerjanya menggunakan siEKA. "Setiap tanggal 5 bulan berjalan semua ASN sudah mengumpulkan laporan. Jika tidak dikumpulkan, maka tunjangan kinerja belum bisa dibayarkan. Hal ini penting diingatkan secara terus menerus kepada ASN. Tujuannya bukan untuk siapa-siapa tapi untuk ASN itu sendiri. Ketika ada pemeriksaan dari auditor, ASN sudah siap laporan kinerja beserta bukti fisiknya,"kata H M Nasir,S.Ag,MH. (zaid)