Kemenag Lingga : Salut, Tak Ada Satupun Jamaah Lingga Tarik Setoran Haji

Diposting oleh Zaid, ST 30 Agu 2021, 13:20:10 WIB Haji dan Umroh
Kemenag Lingga : Salut, Tak Ada Satupun Jamaah Lingga Tarik Setoran Haji

Keterangan Gambar : Kepala Kemenag Lingga H M Nasir,S.Ag,MH


Lingga-- Pembatalan keberangkatan jamaah haji sudah dua kali dialami oleh jamaah. Hal ini tentunya berdampak terhadap psikologis jamaah. Harapan yang sudah dinantikan cukup lama harus diterima dengan lapang hati. 

"Ini adalah kenyataan yang harus jamaah hadapi. Keputusan pembatalan ini sudah melalui pertimbangan yang matang. Arab Saudi tidak menerima jamaah dari luar. Kita harus siap menerima keputusan ini. Alasannya jelas karena COVID-19 yang masih belum minggat dari bumi," terang H Muhammad Nasir,S.Ag,MH,Senin(30/08). 

Sebelum keberangkatan, semua jamaah sudah melunasi. Ketika muncul pengumuman pembatalan. Kepada jamaah diberikan opsi, boleh menarik setoran dan boleh juga untuk tetap menyimpan setorannya. 

"Saya salut, dari 43 jamaah asal Lingga tak ada satupun yang menarik setoran hajinya. Ini sangat luar biasa. Saya mengapresiasi keyakinan dan kesadaran jamaah untuk berhaji. Apalagi saat itu dihujani berbagai kabar hoaks tentang pengelolaan haji oleh pemerintah. Memang ada sebagian termakan isu hoaks. Alhamdulillah jamaah Lingga masih istiqomah dengan niat sucinya,"tambahnya.

"Jamaah Lingga paham betul kalau pemerintah sudah bekerja ekstra. Uang haji yang dikelola oleh pemerintah dalam keadaan aman. Semoga keyakinan ini tetap tertanam dalam hati. Pada saat gilirannya, yakinlah jamaah akan berangkat. Semua ini adalah kehendak Allah SWT," tandasnya.(zaid)