Haji Ditunda,Zainuddin Bin Ahmad: Kami Ikhlas Menerima Keputusan Ini
Haji ditunda

Diposting oleh Zaid, ST 10 Jun 2020, 11:22:11 WIB Haji dan Umroh
Haji Ditunda,Zainuddin Bin Ahmad: Kami Ikhlas Menerima Keputusan Ini

Keterangan Gambar : Zainuddin dan istri, Jamaah Haji yang ditunda keberangkatannya


(Kemenag Lingga)-- Pengumuman tentang penundaan keberangkatan haji 1441 H/ 2020 M sudah diumumkan langsung oleh Menag Fachrul Razi beberapa hari yang lalu. Tentu dengan keputusan sulit ini ditanggapi beragam oleh para jamaah yang akan berangkat tahun ini. Khusus Kabupaten Lingga dapat jatah kuota 43 orang jamaah plus 1 TPHD.

Zainuddin Bin Ahmad, warga Desa Merawang Lingga salah seorang jamaah haji yang akan berangkat tahun ini mengatakan seminggu sebelum pengumuman keberangkatan, ia masih optimis bisa diberangkatkan tahun ini. "Ya,sebelum pengumuman kami masih optimis dapat berhaji tahun ini. Namun, secara psikologi kami sudah siap menerima apa pun keputusan Pemerintah,"ungkapnya.

"Kalau dikatakan kecewa ya tidak lah kecewa karena kita memahami keadaan saat ini. Bukan hanya Indonesia tapi seluruh dunia menghadapi masalah yang sama. Kalau sedih ya pasti sedih karena sudah delapan tahun menunggu. Saya dan istri menerima dengan ikhlas keputusan ini. Dibalik kejadian ini tentu ada hikmah yang tersembunyi,"ucap Zainuddin yang diamini istrinya Surinah Binti Minhart yang sama-sama direncanakan berangkat tahun ini.

Disinggung terkait penarikan biaya setoran pelunasan haji, Ia mengatakan akan mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. "Uang setoran awal yang 25 juta itu tetap di tabungan haji. Kami tidak akan melakukan penarikan karena kami secara otomatis menjadi calon jamaah tahun 1441 H. Sedangkan terkait setoran pelunasan kalau memang harus ditarik dan dipindahkan ke rekening pribadi kami akan kami tarik, tetapi jika boleh ditabung di rekening tabungan haji biarkan saja. Selama ini pun uangnya kami tabung di Bank yang sama, hanya waktu pelunasan haji kemarin kami pindah bukukan uangnya,"terang Zainuddin lagi.

Kepala Kemenag Lingga menyampaikan kepada para jamaah yang ditunda keberangkatannya untuk tetap sabar dan ikhlas menerima keputusan ini. "Tetap jaga pola makan, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup,"pesannya.

Disamping itu, penundaan keberangkatan tahun ini akan menjadi kesempatan bagi seluruh jamaah untuk memperdalam ilmu tentang manasik haji. "Kita kemarin belum sempat melaksanakan manasik baik di tingkat KUA kecamatan maupun di tingkat Kemenag Kabupaten Lingga. Jadi, salah satu hikmahnya adalah melatih kita untuk bersabar dan berkesempatan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang manasik haji,"tandasnya.

Kasi PHU Kemenag Lingga, Muhammad Sardi mengatakan saat ini terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait penarikan setoran pelunasan dan pengembalian dokumen jamaah.(zaid)