Keberangkatan Haji Ditunda, Ini Pesan Kemenag Lingga
Pemberangkatan Haji Ditunda

Diposting oleh Zaid, ST 02 Jun 2020, 18:41:38 WIB Haji dan Umroh
Keberangkatan Haji Ditunda, Ini Pesan Kemenag Lingga

Keterangan Gambar : Kepala Kemenag Lingga H M Nasir,S.Ag,MH


(Kemenag Lingga) -- Berdasarkan terbitnya KMA 494 Tahun 2020, tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji 1441 H, tentu berdampak bagi jamaah asal Lingga. Semua jamaah sudah melunasi kewajiban berupa pelunasan BIPIH dan pengurusan paspor.

"Melalui Kepala Seksi PHU akan kita buat skema pengembalian biaya haji dan dokumen  berupa paspor jamaah. Teknisnya sedang diatur sedemikian rupa. Tentu berpedoman pada KMA 494 Tahun 2020," tutur H M Nasir, S. Ag, MH, usai menyaksikan siaran langsung melalui telekonferensi oleh Menag Fachrul Razi, Selasa(2/6/2020).

Beliau menambahkan, Kemenag Lingga akan segera membangun komunikasi dengan jamaah. "Tentu kita bisa merasakan bagaimana perasaan jamaah. Saya meminta jamaah tetap sabar dan ikhlas menerima keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini. Ini demi kemaslahatan dan keselamatan bersama. Tetap jaga kesehatan dan batasi keluar rumah serta patuhi protokol covid-19," pesan Kepala Kemenag Lingga.

"Kita ambil hikmah dari pembatalan keberangkatan haji tahun ini. Salah satunya, jamaah bisa memperdalam pengetahuan tentang manasik haji. Kita ketahui bersama bahwa sejak kemarin belum pernah dilaksanakan manasik baik dari tingkat KUA hingga Kemenag Kab/Kota,"tuturnya.

Sementara Kasi PHU Kemenag Lingga, M Sardi berpesan kepada jamaah haji tahun 2020 untuk sabar dan ikhlas atas penundaan keberangkatan haji. "Hal ini tentu sudah dikaji dan dibahas secara matang di pusat. Dokumen paspor akan kami kembalikan kepada jamaah setelah pengiriman dari Siskohat Batam.(zaid)