Afrizal : Hikmah Ditunda Keberangkatan Haji

Diposting oleh Zaid, ST 30 Agu 2021, 07:21:52 WIB Haji dan Umroh
Afrizal : Hikmah Ditunda Keberangkatan Haji

Keterangan Gambar : Drs H Afrizal sedang menyampaikan materi


Lingga-- Kementerian Agama Kabupaten Lingga menggelar sosialisasi KMA Nomor 60/2021. KMA ini berisi tentang pembatalan keberangkatan haji 1442 H/2021 M. 

"Kita menggelar di dua lokasi berbeda. Senayang, Lingga Utara, Lingga Timur kita laksanakan di Daik. Sedangkan untuk yang lain di Singkep. Hal ini mengingat suasana pandemi," terang M Sardi,S.Sos, Kasi PHU Kemenag Lingga,Ahad(29/08/2021). 

Hal ini perlu disampaikan agar jamaah merasa tenang. "Kita ingin memberikan kejelasan alasan pembatalan keberangkatan kepada jamaah. Tujuannya agar informasinya jelas. Oleh karena itu, kita undang jamaah, penyuluh, tokoh agama agar semua tahu," terang M Sardi,S.Sos.

Sementara itu, Kabid PHU Kanwil Kemenag Kepri Drs.H Afrizal mengatakan sosialisasi KMA Nomor 660/2021 sangat urgen. "Amanah UU tentang haji itu meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jamaah. Disampaikan KMA ini adalah bagian dari pelayanan kepada jamaah. Supaya tercipta ketenangan diantara jamaah,"ujarnya.

"Keberangkatan ini ditunda resmi karena wabah. Bukan ada persoalan lain. Jangan percaya hoaks yang beredar. Dalam sejarah perhajian, sampai tahun ini sudah 42 kali jamaah Indonesia gagal berangkat. Tentu beragam alasan," terangnya lagi. 

"Kita ambil hikmahnya saja. Semuanya sudah ditentukan oleh Allah SWT agar jamaah mempersiapkan bekal yang terbaik. Terpenting niat Bapak/Ibu untuk menunaikan haji sudah tercatat sebagai pahala haji. Kita terus berdoa agar wabah ini segera berakhir. Mantabkan diri dengan mengikuti manasik agar ilmu tentang haji semakin matang,"ingatnya.(zaid)