Maya Purnawi,M.Pd.B: Program Kelas Penghayatan Dhamma Maitreya Sebagai Media Mempererat Keluarga Besar Umat Buddha

Diposting oleh Zaid, ST 12 Des 2022, 13:45:28 WIB Bimas Buddha
Maya Purnawi,M.Pd.B: Program Kelas Penghayatan Dhamma Maitreya Sebagai Media Mempererat Keluarga Besar Umat Buddha

Keterangan Gambar : Rangkaian Sesi Kelas Penghayatan Dharma Maitreya SMB Vihara Kumala Maitreya - Dabo, Lingga


Dabo (Vihara Kumala Maitreya) - Penyelenggara Buddha Kankemenag Kab. Lingga, Maya Purnawi, S.Ag., M.Pd.B mengungkapkan bahwa Program Kelas Penghayatan Dhamma adalah salah satu media mempererat Keluarga Besar Umat Buddha di Vihara. Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut terjadi sinergi antara pengurus vihara, umat  dan siswa siswi Sekolah Minggu Buddha sehingga berkembang rasa kekeluargaan dan kebersamaan dalam vihara.

"Kegiatan ini memang agenda rutin tiap semester di SMB Vihara Kumala Maitreya dengan nama program Kelas Penghayatan Dharma Maitreya. Untuk semster ini kegiatan berlangsung dari tanggal 11 s.d 15 Desember 2022 dan dimulai dari pukul 14.45 s.d. 19.15. Adapun peserta kegiatan adalah siswa siswi SMB dari tingkat SD kelas 3,4,5,6, SMP, dan SMA yang secara keseluruhan  kurang lebih 150 siswa,"ungkap Foyen Sukini saat menyampaikan agenda kegiatan kepada Penyelenggara Buddha Kankemenag Kab. Lingga.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperteguh keyakinan pada Buddha Maitreya demi ikut serta merealisasikan dunia satu keluarga dengan karakter semangat sukacita dan berbahagia. Tentunya kegiatan dikemas dengan berbagai aktivitas seperti bernyanyi bersama, senam ceria, sesi Dhamma, diskusi, dan juga kelas ritual dibawah bimbingan dari tim pembina khusus bagian pembinaan mental kesiswaan dari Batam. Dengan pembina yang sudah berpengalaman sehingga dapat mengemas acara sedmikian rupa sehingga siswa merasa santai dan akrab  serta meminimalisir kejenuhan siswa tentunya  tanpa mengurangi arah tujuan dan makna dari kegiatan," lanjutnya.

Foyen Sukini juga mengemukakan bahwa kegiatan ini tidak dapat berjalan tanpa partisipasi semua bagian dari Vihara Kumala Maitreya, dukungan penuh dari Ketua dan pengurus vihara juga dukungan dari Ibu Penyelenggara Buddha.

"Bapak Akok sebagai Ketua Vihara senantiasa memberi dukungan dan perhatian yang luar biasa pada setiap kegiatan di vihara ini sehingga seluruh anggota keluarga Vihara Kumala Maitreya bersemangat dalam mensukseskan program pembinaan salah satunya program Kelas Penghayatan Dharma Maitreya ini," ungkapnya.

Maya Purnawi, S.Ag., M.Pd.B, mengapresiasi kegiatan Kelas Penghayatan Dharma Maitreya tersebut dan optimis bahwa kegiatan ini dapat membangun mental dan spiritual bukan hanya anak didik sebagai sasaran pembinaaan namun juga meneguhkan semangat para pembina dalam melaksanakan pembinaan dan juga pengabdian dalam Buddha Dhamma. Dengan pembinaan yang menghadirkan semangat sukacita dan bahagia serta melibatkan semua level usia umat seperti, muda mudi dan ibu-ibu umat vihara maka rasa kekeluargaan dan kebersamaan akan tercipta.

Kegiatan ini diharapkan terus dilaksanakan secara berkala dan juga terus berinovasi mengingat siswa yang dibina adalah generasi yang dekat dengan dunia digital dan teknologi sehingga para pembina dapat mengemas kegiatan yang kreatif dan menarik namun tetap dapat menyentuh sisi moral dan keimanan siswa," ungkap Maya.

Kegiatan pembinaan membutuhkan kerjasama, dukungan dan semangat mengabdi yang konsisten di tengah gempuran kemajuan media sosial yang menyuguhkan berbagai aktifitas menarik yang melenakan hal tersebut membutuhkan kesadaran ekstra agar tetap semangat mengembangkan kemoralan. Semoga dengan kegiatan Kelas Penghayatan Dharma Maitreya ini tumbuhlah generasi yang terbina mental spiritualnya dalam balutan semangat sukacita dan senantiasa berbahagia.

"Terima kasih kepada Vihara Kumala Maitreya yang sudah bersemangat dalam melaksanakan pembinaan, tanpa kerjasama dari vihara-vihara yang ada di Kabupaten Lingga, Penyelenggara Bimas Buddha bukan apa-apa," tutupnya. -My