UAMBN, Kepala Kemenag Lingga : Sukses Murid Sukses Guru
UAMBN Lingga

Diposting oleh Zaid, ST 16 Mar 2020, 11:35:01 WIB Madrasah
UAMBN, Kepala Kemenag Lingga : Sukses Murid Sukses Guru

Keterangan Gambar : Kemenag Lingga Pantau UAMBN Mts


(Kemenag Lingga)-- Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) hari pertama berlangsung tertib dan lancar. Untuk Kabupaten Lingga, UAMBN dibagi dalam dua model, yakni kertas pensil (UAMBN-KP) dan berbasis komputer (UAMBN-BK).

UAMBN-KP diikuti : 38 orang siswa MTs Aqidatunnajin Daik dan 8 orang MTs Darul Qalam Senayang. Sedangkan UAMBN BK diikuti 90 orang siswa MTs Negeri Lingga yang dibagi dalam 3 sesi.

Dalam pantauannya di lapangan, Kepala Kemenag Lingga berpesan 4 (empat) hal terkait pelaksanaan UAMBN. Pertama, berikan motivasi kepada siswa. "Saya yakin guru ingin siswanya berhasil, maka terus berikan motivasi dan energi positif agar anak-anak optimis mengikuti ujian hingga hari terakhir,"pesan H M Nasir,S.Ag,MH, di hadapan para guru,Senin(16/03/2020).

Kedua, bandingkan hasil UAMBN sekarang dengan tahun lalu. "Lihat hasil capaian tahun lalu. Apakah terjadi peningkatan atau malah sebaliknya. Ini akan jadi bahan evaluasi bersama,"tegasnya.

Ketiga, latih anak untuk berlaku jujur dalam menjawab soal-soal ujian. "Kepada pengawas ujian, lakukan pengawasan secara cermat dan ketat. Biarkan anak kita menjawab soal sesuai dengan tingkat kemampuan dan kepahamannya masing-masing. Kita ingin anak-anak berlaku jujur dan percaya diri sendiri. Karena kejujuran merupakan bekal dan modal hidup untuk masa kini dan akan datang,"tambahnya.

Keempat, hasil UAMBN merupakan indikator hasil belajar siswa dan hasil mengajar dari guru. "Guru mengajar dan siswa belajar. Tentu proses panjang telah dilalui bersama. Semakin baik nilai yang diperoleh siswa, maka menunjukkan bahwa semakin baik kualitas guru dalam mengajar. Sukses murid berarti sukses gurunya,"tutupnya.

Kepala MTs Aqidatunnajin Daik mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan motivasi dari Kepala Kemenag Lingga. "Semoga nasehat ini akan menjadi pemicu semangat para guru untuk terus memberikan pengabdian terbaik untuk pendidikan madrasah di Kabupaten Lingga,"kata Armain.

Adapun mata pelajaran yang di UAMBN kan adalah Alquraan dan Hadist, Fiqih dan SKI. Untuk pengawas sendiri berasal dari pengawas silang, yakni dari MA YPKL Daik.(zaid)