Kesehatan Siswa MTs Darul Qalam Senayang Diperiksa Rutin
Kesehatan Siswa MTs Darul Qalam Senayang Diperiksa Rutin

Diposting oleh Zaid, ST 24 Feb 2020, 09:09:25 WIB Madrasah
Kesehatan Siswa MTs Darul Qalam Senayang Diperiksa Rutin

Keterangan Gambar : Siswa MTs DQ Senayang Diperiksa Kesehatan


(Kemenag Lingga)-- Puskesmas Senayang melaksanakan pemeriksaan secara berkala melalui kegiatan posbindu. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik termasuk kebersihan diri anak madrasah, pengukuran tinggi badan dan berat badan untuk menentukan status gizi anak, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan indera pendengaran dan penglihatan, pemeriksaan kebugaran jasmani, serta resiko yang berhubungan dengan dengan gaya hidup. Pemeriksaan ini diperuntukan bagi seluruh kelas VII dan XI yang berjumlah 13 siswa.

Pemeriksaan kesehatan kali ini ditangani oleh tiga orang tenaga kesehatan yaitu Erita Sitorus, Muhammad Walid dan Rinari Koma.
Untuk pemeriksaan rongga mulut, siswa diminta untuk membuka mulut kemudian diperiksa adanya kelainan seperti sariawan, gigi berlubang, gusi bengkak, pembesaran tonsil, dan lain-lain.

Dari hasil pemeriksaan, karies gigi masih menjadi masalah utama dimana banyak siswa mengalami karies lebih dari satu gigi.

Telinga juga tidak luput dari pemeriksaan berkala ini, pemeriksaan telinga untuk menilai tajam pendengaran menggunakan garpu tala dengan frekuensi 256 Hz.

Selain itu, dilakukan inspeksi pada liang telinga untuk melihat adanya serumen yang menutup. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, cukup banyak siswa yang terdapat obstruksi serumen pada telinganya, sehingga disarankan untuk rajin membersihkan telinga namun jangan terlalu dalam.

Setelah selesai semua pemeriksaan, Muhammad Walid selaku bagian UKS memberikan pencerahan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang meliputi cuci tangan, membuang sampah, kebersihan diri, olahraga, serta menjaga lingkungan sekitar.

“Kami sangat senang dengan kedatangan tim dari Puskesmas Senayang, pemeriksaan berkala ini mampu memberikan manfaat yang positif bagi kami dan ilmu agar kami bisa selalu menjaga kesehatan setiap hari,"ujar Ishadikin, siswa kelas XI MTs Darul Qalam Senayang.(firman)