Manfaatkan TI untuk Pembuatan Soal Online
Madrasah Digital

Diposting oleh Zaid, ST 28 Feb 2020, 17:44:14 WIB Madrasah
Manfaatkan TI untuk Pembuatan Soal Online

(Kemenag Lingga)-- Kemajuan zaman yang diiringi dengan perkembangan TI terus bergerak maju. Berbagai kemudahan diperoleh oleh para guru yang mampu beradaptasi dengan kecanggihan teknologi. Tentu pekerjaan rutin yang sebelumnya terkesan berat dan menghabiskan waktu kini bisa dipangkas. Begitu pula dengan pemakaian kertas tentu bisa dikurangi (paperless). Salah satu tugas berat dan rutin yang dikerjakan oleh para guru adalah pembuatan soal ujian.

MA Al Barakah Singkep bekerjasama dengan pengembang perangkat lunak pembuatan soal berbasis online dari Batam. "Kegiatan menggelar In House Training Penerapan Aplikasi dalam Pembelajaran Pembuatan Media Pembelajaran Soal Online untuk para guru. Di era digital ini diharapkan para guru Madrasah untuk tidak tertinggal dengan sekolah lainnya,"jelas Hazmi Jaya di Dabo Singkep,Kamis(27/02/2020).

Katanya lagi saat ini semua bisa dilakukan melalui smartphone tanpa terkecuali media pembelajaran dengan sistem online. "Para guru madrasah bisa melalukan pembelajaran melalui smartphone dan di lalukan di manapun. Tujuannya untuk memberikan ilmu kepada anak didiknya,"lanjutnya.

Melalui program IHT ini diharapkan para guru mampu mengaplikasikan di dalam pendidikan madrasah. "Tentunya,para siawa di madrasah saat ini dapat menjadikan HP sebagai media pembelajaran dan bukan hanya sekedar untuk komunikasi dan bersosial media saja,"tandasnya.

Mewakili Kepala Kemenag Lingga Zamroni mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh MA Al Barakah. "Ini adalah bagian dari inovasi yang merupakan lima budaya kerja Kemenag. Kita sangat sangat mendukung,"ucap Kasi Pendidikan Islam ini usai membuka IHT.

Haslinda, salah satu peserta kegiatan mengatakan sangat senang dengan adanya model pembuatan soal berbasis online ini. "Pastinya irit kertas dan tidak capek mengoreksi. Soal kita buat lalu diunggah ke sistem. Nanti kita setting waktu ujiannya. Setelah ujian akan terkoreksi sendiri,"ujar Haslinda bersemangat.

Azrani Ery Saputra, sang Narasumber juga memberikan sedikit ilmu kepada anak didik di madrasah untuk menjadikan HP sebagai sarana edukasi dan bisnis melalui aplikasi yang dimiliki.(zaid)