Sosialisasi dan Penyerahan BOP SMB dan Bantuan Rumah Ibadah Bersih dan Sehat 2021

Diposting oleh Zaid, ST 02 Jul 2021, 06:48:19 WIB Bimas Buddha
Sosialisasi dan Penyerahan BOP SMB dan Bantuan Rumah Ibadah Bersih dan Sehat 2021

Keterangan Gambar : Penyerahan bantuan umat Budha


Lingga-- Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lingga menyerahkan bantuan operasional bagi umat Budha. Bantuan itu diberikan untuk Sekolah Minggu Budha dan Rumah Ibadah Bersih dan Sehat. Kegiatan digelar di Vihara Maitreya Dabo Singkep. Bantuan pemerintah ini diberikan dalam rangka peningkatan layanan umat Budha di Kabupaten Lingga. Organisasi Budha harus menjadi organisasi yang bonafit dan hadir memberikan layanan terbaik bagi umat.

"Ada tiga sasaran dalam penggunaan bantuan operasional, yaitu untuk meningkatkan SDM. Hal ini terkait dengan fungsi manajerial. Setelah menerima bantuan, tentu organisasi harus berubah menjadi lebih baik,"kata H Muhammad Nasir,S.Ag,MH,Kamis(01/07).

"Kedua, gunakan anggaran bantuan untuk pengelolaan struktur organisasi. Struktur organisasi harus jelas dan kompeten. Diharapkan melalui bantuan, organisasi menjadi lebih kuat,"tambahnya.

Ketiga, perhatikan juknis yang ada. "Mulai dari mengusulkan, penggunaan, hingga laporan pertanggungjawabannya. Semua harus tercatat dengan baik. Ketika diaudit tidak menimbulkan masalah,"pesannya lagi. 

"Gunakan bantuan ini sesuai dengan rencana. Kalau tidak, hal ini yang sering membuat organisasi perlu diuji kembali kelayakannya. Ikuti TOR yang sudah disusun di awal. Perlu kita samakan persepsi terkait bantuan ini. Jangan terjadi simpang siur dalam pengelolaannya,"ingatnya lagi.

Jangan lupa, publikasi kegiatan yang sudah dilaksanakan. Tujuannya agar umat lebih percaya. Anggaran yang digunakan juga harus jelas dan terukur. "Perlu evaluasi mendalam sebelum dibuatkan laporan pertanggungjawabannya,"tukasnya lagi.

Untuk mewujudkan rumah ibadah yang bersih sehat tentu perlu didukung oleh semua pihak. "Tentu standarisasi rumah ibadah bersih dan sehat sudah jelas dalam juknis. 

Hadir dalam sosialisasi Penyuluh Agama Budha, Kepala SMB dan Ketua Vihara. Turut mendampingi Kepala Subbag Tata Usaha Wan Hamzari,S.Pd.I, dan PPK Budha  Muhamad Sardi,S.Sos.(zaid)