Mengenalkan Sosok Bhikkhu Bagi Umat Buddha di Cetiya Dharma BhaktI Desa Limbung, Lingga Utara

Diposting oleh Zaid, ST 22 Feb 2023, 07:13:29 WIB Bimas Buddha
Mengenalkan Sosok Bhikkhu Bagi Umat Buddha di Cetiya Dharma BhaktI Desa Limbung, Lingga Utara

Lingga Utara - Diiringi suara hembusan angin sepoi-sepoi nampak di sebuah rumah ibadah agama Buddha yaitu Cetiya Dharma Bhakti, duduk dengan rapi beberapa umat Buddha mendengarkan kalimat demi kalimat dari sosok berjubah coklat.

Umat Buddha di daerah Centeng utamanya para siswa siwsi beragama Budha sudah lama merindukan hadirnya seorang Bhikkhu. Selama ini hanya tau dari media sosial atau televisi. Akhirnya pada hari ini berkesempatan untuk melihat dan berinteraksi secara langsung dengan seorang Bhikkhu yang lebih familiar dipanggil dengan sebutan Bhante

Pada kesempatan tersebut, umat antusias dan aktif berkomunikasi dengan menanyakan hal-hal seputar kehidupan seorang Bhikkhu. Keterbatasan jumlah Bhikkhu di Indonesia dan juga jarak tempuh yang lumayan jauh menjadi salah satu faktor kurangnya interaksi secara langsung umat Buddha di Lingga khususnya dengan sosok Bhikkhu. 

Melihat kondisi tersebut, pengurus Vihara Boddhi Manggala berinisiatif memfasilitasi agar umat Buddga di wilayah Cetiya Dharma Bhakti dapat melihat, mengenal dan berinteraksi secara langsung dengan sosok Bhikkhu. 

Menanggapi adanya keinginan tersebut, Bhante Ratanajayo dengan senang hati bersama rombongan umat Buddha Vihara Bodhi Manggala, Daik meluncur dan hadir di Cetiya Dharma Bhakti. 

Cuaca dan udara yang bersahabat menjadi pelengkap indahnya moment kebersamaan tersebut. Pertanyaan demi pertanyaan yang selama ini terpendam terkait sosok Bhikhu pun tersampaikan dan dijawab oleh Bhante Ratanajayo dengan penuh kehangatan.

Penyelenggara Buddha Kankemenag Kabupaten Lingga, Maya Purnawi, S.Ag., M.Pd.B mengapresiasi semangat para pengurus Vihara Bodhi Manggala. "Luar biasa perhatian dan kepeduliannya sehingga umat  Cetiya Dharma Bhakti dapat mengenal secara langsung sosok atau figur seorang Bhikkhu. Walaupun dalam durasi waktu yang singkat," ungkap Maya Purnawi,S.Ag,M.Pd.B,Selasa(21/02) 

"Semoga kebersamaan ini dapat menjadi suplemen rohani bagi umat Buddha. Baik bagi umat Cetiya Dharma Bhakti maupun umat Vihara Boddhi Manggala. Tentu juga umat Buddha lainnya di Lingga,"sambung Maya.

Bhante Ratanajayo berpesan agar umat Buddha di Cetiya Dharma Bhakti agar terus rajin dan semangat belajar Dhamma. "Jangan berhenti belajar. Terus bersemangat agar wawasan terus berkembang dan maju dalam Buddha Dharma," ajaknya. (MP)