Kesehatan Hewan Kurban Sudah Diperiksa
Hewan Sehat

Diposting oleh Zaid, ST 04 Agu 2020, 09:12:51 WIB Bimas Islam
Kesehatan Hewan Kurban Sudah Diperiksa

Keterangan Gambar : Photo Bersama dengan Tim Kesehatan Hewan


(Kemenag Lingga) -- Hewan kurban wajib diperiksa. Hal ini untuk memastikan kesehatan hewan sebelum didistribusikan dan dikonsumsi masyarakat. 

Kepala Kemenag Lingga H M Nasir, S. Ag, MH memimpin langsung proses penyembelihan hewan kurban. "Alhamdulillah tahun ini, ASN Kemenag Lingga memotong dua ekor lembu. Ini wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT yang sudah melimpahkan segala nikmat. Selain itu, ibadah kurban merupakan bentuk meneladani dan mengambil pelajaran dari sejarah perjuangan keluarga Nabi Ibrahim AS, "jelas H M Nasir, S. Ag,MH.

" Kedepan, kita berharap semakin ramai ASN yang berkurban tahun berikutnya. Mulai lah menabung dari sekarang,"pesannya.

"Kesehatan hewan kurban harus benar-benar dipastikan. Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bidang Peternakan Kabupaten Lingga yang datang langsung memeriksa kondisi hati dan paru lembu yang kami sembelih," ungkapnya. 

Drh. Ridwan Agus bersama tim memeriksa langsung kondisi hati dan paru-paru lembu. "Kita bisa lakukan pemeriksaan dengan melukai sedikit bagian hati, apabila lukanya menganga berarti banyak cairan di hati. Hal ini mengindikasikan lembu tidak sehat. Namun, jika lukanya tidak menganga berarti lembu dalam keadaan sehat dan layak konsumsi," jelas Drh. Ridwan Agus. 

Selain itu, paru-paru lembu juga bisa dilihat secara langsung. Apabila tidak berdarah berarti kondisi daging lembu juga dalam keadaan layak konsumsi. "Di Lingga, khususnya di kelurahan Daik, semua hewan yang  dipotong dan sudah kita periksa dalam keadaan sehat dan layak dikonsumsi," ungkapnya. 

Pemotongan dan pembersihan hewan kurban berlangsung singkat. Dimulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 11.00 wib. (zaid)