Idul Adha, ASN Kemenag Potong Dua Ekor Lembu
Kurban Dua Ekor

Diposting oleh Zaid, ST 03 Agu 2020, 15:12:27 WIB Bimas Islam
Idul Adha, ASN Kemenag Potong Dua Ekor Lembu

(Kemenag Lingga)-- Setiap tahun ASN Kementerian Agama Kabupaten Lingga ikut melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Tahun 1441 H ini, sebanyak dua ekor lembu disembelih di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lingga. Tahun-tahun sebelumnya, hanya satu ekor yang dipotong di Kantor dan yang lainnya disembelih di daerah yang tidak kebagian hewan kurban.

Namun, tahun ini berdasarkan kesepakatan dari semua yang berkurban bahwa Kemenag Lingga langsung mendistribusikan daging yang sudah dipotong saja."Kita serahkan daging saja ke masyarakat yang sudah kita tentukan. Pemotongan kita laksanakan di kantor saja. Tujuannya agar tidak repot dan memudahkan kerja kita,"ujar H Wan Hamzari,S.Pd, Senin(28/08).

Menurut ketua panitia kurban bahwa total daging bersih dari dua ekor lembu yang dipotong sebanyak 140 Kg. "Kita atur pembagiannya sesuai kesepakatan dan ketentuan syariat. Dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima. Si penerima dipilih oleh mereka yang berkurban tahun ini,"ungkap Lushendra.

Disela-sela membersihkan hewan kurban, Kepala Kemenag Lingga mengharapkan agar tahun depan lebih banyak lagi ASN yang mau berkurban. "Kalau tahun ini dua ekor, kita usahakan tahun depan empat ekor. Jadi, mulailah menabung dari sekarang. Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang penting bagi umat Islam,"terang H M Nasir,S.Ag,MH.

"ASN dianggap dan dipandang sebagai orang yang sudah mampu untuk berkurban. Tinggal kita saja lagi untuk memasang niat untuk berbagi dengan sesama. Makna tersirat dari kurban salah satunya adalah menyembelih sifat kebinatangan dalam diri kita,"kata Kepala Kemenag Lingga.(zaid)