Idul Adha 1441 H di Lingga,Jumlah Hewan Qurban 256 Ekor
Idul Adha 1441 H

Diposting oleh Zaid, ST 27 Jul 2020, 10:48:32 WIB Bimas Islam
Idul Adha 1441 H di Lingga,Jumlah Hewan Qurban 256 Ekor

Keterangan Gambar : Data Hewan Qurban di Lingga


(Kemenag Lingga)-- Idul Adha 1441 H tinggal menghitung hari, tepatnya 31 Juli 2020 mendatang. Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, hewan qurban di Lingga terdiri dari 223 ekor lembu dan 33 ekor kambing.

"Total qurban tahun ini dari 9 (sembilan) kecamatan yang masuk data ke kita sebanyak 256 ekor. Data ini diperoleh dari masjid/surau yang menyelenggarakan qurban. Sedangkan yang melaksanakan qurban di kelompok masyarakat, datanya belum kita terima. Pastinya data akan terus bergerak dan bertambah. Data yang kita rilis hari ini adalah data terakhir yang kita terima per Jumat,24 Juli 2020 kemarin,"jelas H Abdurokhman, Kasi Bimas Islam, Senin(27/07) tadi pagi.

Lebih lanjut ia menambahkan, sebaran pemotongan hewan qurban bervariasi di tiap kecamatan. "Tentu kondisi ini bisa dijadikan salah satu indikator tingkat kesejahteraan suatu wilayah. Selain itu, ada juga variabel lain yang berpengaruh tentang banyak atau sedikitnya qurban, misalnya belum memahami tentang pahala orang berqurban, manfaat dari berqurban, tips ringan untuk berqurban. Hal ini perlu kita dorong terus kepada para Penyuluh untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat binaannya,"tambahnya.

Tentu harapan kita, kata Kasi Bimas Islam agar muncul kesadaran dan kepahaman masyarakat muslim untuk berqurban. "Kita harapkan setiap tahun jumlah hewan qurban akan terus bertambah. Masyarakat dapat merasakan bagaimana pengorbanan keluarga Nabi Ibrahim AS melalui syiar Idul Adha.

Kepala Kemenag Lingga dalam amanat apel pagi mengingatkan jajaran Bimas Islam untuk memastikan bahwa imbauan terkait pelaksanaan Idul Adha dan pemotongan hewan qurban sudah sampai ke masyarakat. "Kita berikan panduan agar masyarakat muslim memiliki pegangan dan pedoman dalam pelaksanaan syiar Idul Adha. Menjadi tugas Kementerian Agama khususnya jajaran Bimas Islam untuk menyukseskan even keagamaan yang ada di Kabupaten Lingga.(zaid)