Sambut Ramadhan, UAS Ceramah di Lingga
UAS di Lingga

Diposting oleh Zaid, ST 13 Feb 2020, 08:22:29 WIB Bimas Islam
Sambut Ramadhan, UAS Ceramah di Lingga

Keterangan Gambar : UAS sedang Ceramah di Lapangan Kantor Bupati Lingga


(Kemenag Lingga)-- Tepat 71 hari lagi seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H. Kedatangan bulan mulia ini tentu menjadi momen yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Bulan penuh keberkahan itu harus diisi dengan ibadah dan amaliah-amaliah lainnya. Untuk melaksanakan ibadah selama Ramadhan tentu harus dibekali dengan ilmu yang cukup. Kedatangan Ust.Somad ke Bumi Bunda Tanah Melayu merupakan sesuatu yang sangat dinantikan oleh masyarakat.

Sesuai agenda yang sudah disusun sejak lama, Ustad Abdul Somad akan berkeliling di Kepulauan Riau. Kali ini tepatnya 12 Februari 2020/17 Jumadil Akhir 1441 H, UAS sampai ke Lingga. Ada 2 (dua) titik lokasi, yakni Lapangan Merdeka Dabo Singkep dan Lapangan Kantor Bupati Lingga.

Dalam tausyiahnya yang berdurasi lebih kurang 70 menit itu, UAS menyampaikan tentang persiapan puasa hingga masuknya Idul Fitri. "Pokoknya jatuhnya 1 Ramadhan sebagai awal puasa kita ikuti pemerintah. Karena apa? karena sebelum penentuan 1 Ramadhan, Kementerian Agama bersama organisasi Islam melakukan sidang istbat. Selain itu, pemerintah memiliki peralatan yang cukup untuk melihat anak bulan(hilal), didukung dengan para ahli falak dan para perukyat yang sudah disumpah kesaksiannya,"jelas UAS.

"Masuknya Ramadhan dilanjutkan dengan memperbanyak ibadah-ibadah sunnah. Sholat tarawih, witir, hajat,tahajjud, tadarrus Quran. Jangan persoalkan lagi jumlah bilangan rakaat tarawihnya karena semua punya landasan dan riwayat. Siapkan bilal dan imam tarawih. Cari yang fasih dan bagus bacaan serta banyak hafalan qurannya,"pesan UAS lagi.

Lebih lanjut UAS menyampaikan, jadikan momen tadarrus sebagai sarana memperbaiki bacaan quran. "Jangan marah dan tersinggung ketika bacaan quran kita dibetulkan oleh orang lain. Khatamkan quran sebanyak-banyaknya. Ramadhan adalah bulan tarbiyah, yakni bulan yang diisi dengan kegiatan belajar,"ingatnya.

"Akhir Ramadhan jelang Idul Fitri jangan lupa membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah kewajiban yang harus kita tunaikan. Jangan lalai untuk menunaikannya. Bayar melalui Amil agar si mustahiq (penerima zakat) bisa terbagi secara merata. Sehingga si miskin juga bisa menikmati Hari Raya Idul Fitri dengan penuh sukacita,"pesan Somad.

"Usai Ramadhan, amaliah-amaliah yang dikerjakan selama Ramadhan terus dilaksanakan. Sampai kapan? sampai ajal menjemput kita semua,"pungkasnya.(zaid)