Rukyatul Hilal Awal Ramadhan, Perukyat Dibatasi
Sambut Ramadhan

Diposting oleh Zaid, ST 14 Apr 2020, 13:33:22 WIB Bimas Islam
Rukyatul Hilal Awal Ramadhan, Perukyat Dibatasi

Keterangan Gambar : Kepala Kemenag Lingga, H M Nasir, S. Ag, MH saat rukyatul Hilal tahun lalu


(Kemenag Lingga) -- Setiap tahunnya Tim Badan Hisab dan Rukyat   bersama Kemenag, Pengadilan Agama Dabo melaksanakan rukyatul hilal awal Ramadhan. Lokasi Tugu Khatulistiwa di Tanjung Teludas menjadi titik pengamatan anak bulan (hilal). 

Namun, melihat situasi dan kondisi hari ini, sepertinya rukyatul hilal tidak bisa dilaksanakan seperti tahun sebelumnya karena wabah Corona. 

Dimintai tanggapannya, Kepala Kemenag Lingga mengatakan perlu diatur kembali teknis rukyatul hilal. "Nanti hanya ditugaskan maksimal 3 orang saja untuk melakukan pengamatan. Hasil pengamatan akan dijadikan sebagai bukti data di lapangan," terang H M Nasir, S. Ag, MH, Selasa(14/4) tadi pagi. 

Lebih lanjut, Kemenag Lingga akan menjadwalkan bahwa pada 22 April 2020 secara online Tim Hisab Rukyat  mengikuti sidang penetapan dari rumah. "Mereka yang ditugaskan adalah tim ahli dan dua orang saksi saja di lapangan,"jelasnya.

" Keputusan akhir penentuan 1 Ramadhan tetap menunggu keputusan pemerintah melalui sidang isbat,"ungkap H M Nasir, S. Ag, MH. (zaid)