Upaya Penari MTsN Lingga Menjaga Tari Tradisi Tertua Di Lingga
\\\\\\\" Upaya Pelestarian Kesenia Tertua Zapin Kote\\\\\\\"

Diposting oleh adminlingga 11 Mar 2023, 19:28:56 WIB Madrasah
Upaya Penari MTsN Lingga Menjaga  Tari Tradisi Tertua  Di Lingga

Keterangan Gambar : Siswi MTsN Lingga sedang berlatih Zapin Kote tari tertua di Lingga.


MTsN Lingga- Penari yang terhimpun dalam pecinta seni di MTsN Lingga mengulik dan melestarikan tari Zapin Kote  tertua di Kabupaten Lingga.   yang hampir punah. Dengan penuh semangat para siswi MTsN Lingga berlatih secara rutin di halaman madrasah, seperti halnya Sabtu siang ini, (10/03/23).

Keberadaan tari Zapin Kote ini hampir ditinggalkan oleh masyarakat seiring majunya teknologi dan masuknya berbagai budaya dari luar. Melihat kondisi ini guru seni budaya MTsN Lingga tergerak untuk mengajarkannya kepada para generasi muda.

"Beberapa hari lalu ketika perhelatan Talam Sehidang l saya bertemu dengan seorang tokoh Zapin  legendaris di Lingga ini. Beliau sering disebut dengan nama Pak Dang. Dari situlah saya belajar dan memahami keberadaan Zapin Kote yang merupakan salah satu tari tradisi tertua, " jelas Odi. 

Tari Zapin Kote ini  biasanya di tampilkan ketika ada pesta pernikahan dan selalu di gelar dari malam sampai pagi, tambah pria yang suka dengan kopi ini.

Keberadaan MTsN Lingga di tengah-temgah masyarakat melayu ini harus bermanfaat dan memiliki kepedulian terhadap budaya dan tradisi yang hidup di sekitarnya. Dan komitmen ini dibuktikan dengan kegiatan setiap harinya. ( DD)