Senantiasa Memperbaiki Performa Kerja
Ayo Kerja

Diposting oleh Zaid, ST 13 Jul 2020, 23:27:04 WIB Umum
Senantiasa Memperbaiki Performa Kerja

Keterangan Gambar : Kepala Kemenag Lingga H M Nasir,S.Ag,MH


(Kemenag Lingga)-- Tahun ajaran baru sudah dimulai. Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pendidikan sudah menerbitkan edaran tentang jadwal masuk sekolah dan madrasah. Masih dalam suasana adaptasi kebiasaan baru, madrasah diminta untuk tetap memperhatikan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Untuk siswa kelas VII, mulai hari ini mengikuti masa taaruf siswa madrasah.

"Oleh karena itu, perlu kita sempurnakan lagi panduan masuk madrasah. Tujuannya agar madrasah punya panduan dalam menyelenggarakan pendidikan di era kebiasaan baru ini. Selain itu, perlu disampaikan juga edaran terkait perubahan dan penyempurnaan kurikulum PAI dan Bahasa Arab yang baru untuk MI,MTs,MA. KMA 183 Tahun 2019 ini akan menggantikan KMA 165 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah,"ujar H M Nasir,S.Ag,MH, Senin(13/07).

Menurutnya lagi, hal ini perlu disegerakan agar madrasah dapat menyesuaikan memasuki tahun ajaran baru. "Terutama menyangkut buku-buku pegangan siswa dan guru. Perubahan-perubahan ini tentu memiliki konsekwensi dalam proses belajar mengajar, baik tatap muka di madrasah maupun belajar dari rumah,"jelasnya.

Selain itu, ia mengingatkan dalam waktu dekat memasuki Idul Adha 1441 H. "Masyarakat perlu diberikan panduan dalam pelaksanaannya. Mengingat kondisi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jangan sampai pelaksanaan Qurban di masing-masing daerah tidak diberikan panduan khusus terkait dampak pandemi corona. Lalu, edaran Qurban disampaikan melalui KUA dan Penyuluh Agama. Kita ingin pelaksanaan syiar Idul Adha tetap meriah dan sesuai syariat seperti tahun-tahun sebelumnya,"ingatnya.

Satu hal lagi yang penting adalah tindaklanjut dari kunjungan kerja di setiap kecamatan. "Saya minta segera untuk ditanggapi saran dan masukan dari masyarakat. Buatkan dalam bentuk resume agar jelas terbaca. Segera sampaikan, mana yang bisa diselesaikan dan mana yang perlu untuk dikomunikasikan kembali. Paling tidak, hasil kunjungan kerja kemarin, harus segera kita sampaikan laporannya kepada pihak kecamatan,"tegas H M Nasir,S.Ag,MH.

Diakhir apel pagi rutin, Kepala Kemenag Lingga selalu memotivasi para ASN untuk senantiasa memperbaiki performa kerja. Terus meningkatkan layanan kepada umat. Bekerja adalah ibadah dan pengabdian ASN kepada sang khaliq. Karena setiap dari kita akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT.(zaid)